Bagaimana Performa dan Ratting Episode Perdana Sinetron Kharisma


INDOSIAR masih memercayakan Gentabuana Paramita untuk mengisi slot pukul 18.00 WIB. Setelah Takdir Cintaku, dan Bukan Salah Takdir, stripping primetime Indosiar kini dihuni Kharisma. Dibintangi Chacha Frederica, Dwi  Andika, Revand T. Narya, dan Donny Damara, Kharisma sedikit berbeda dengan 2 sinetron pendahulunya.

Kharisma tidak memakai lagu tema dan scoring dangdut. “Seluruh Nafas Ini” milik Last Child dan Giselle dipilih menjadi lagu tema.  Seorang netizen menulis sinetron Gentabuana tanpa dangdut, ibarat sayur tanpa garam.

Well, imej dangdutan ala film India memang melekat pada sinetron buatan rumah produksi ini. Gentabuana pernah juga membuat  sinetron non-dangdut, seperti Putri Duyung Marina, Cintaku Melati, Monalisa, dan Larasati. Judul yang terakhir bertahan cukup lama.

Episode 1 sinetron yang skenarionya (lagi-lagi) ditulis Ashvery K. ini memiliki pace yang cepat. Pengenalan karakter hanya sekilas, konflik  utama langsung ditampilkan di episode perdana. Ada ayah yang minta putrinya dinikahi sebelum meninggal. Ada mertua yang tak suka  dengan menantunya. Ada perempuan yang bunuh diri karena gagal nikah, lalu keluarganya dendam pada calon besan. Ada pula  menantu tamak yang hendak mengambil harta mertuanya.

Alur cepat bukan berarti tidak ada masalah. Tema yang diusung Gentabuana masih begitu-begitu saja. Karakter utama wanita yang  lemah, dibenci oleh banyak orang di sekitarnya. Rebutan harta warisan dan pembalasan dendam juga masih kental mewarnai sinetron  berdurasi 2 jam sekali tayang ini.

Tayangan perdana belum mampu berbuat banyak. Ada di posisi 19, dengan TVR 2,1 dan share 9,4 (ALL). Bukan angka yang aman  untuk tayangan primetime. Tayangan perdana belum bisa dijadikan patokan sih. Karena karakter Sita (Rosnita Putri) dan Gilang (Revand) yang mendominasi klip  promo, nyatanya diceritakan mati. Kalau setia pada sinopsis, maka pasangan utama sinetron ini adalah Kharisma (Chacha) dan Tirta  (Dwi).

Kita lihat saja apakah setelah karakter Tirta menggusur Gilang, Kharisma bisa meraih jumlah penonton lebih banyak.

Komentar